Rapat Paripurna DPRD Kab. Way Kanan dengan Agenda HUT Ke-58 Provinsi Lampung Tahun 2022

 Pemkab Way Kanan Hadiri Paripurna HUT Ke-58 Provinsi Lampung Tahun 2022


Rapat Paripurna dihadiri Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T dalam rangka Peringatan HUT Ke-58 Tahun Provinsi Lampung Tahun 2022 di Ruang Rapat DPRD Kabupaten  Way Kanan, Jum’at (18/03/2022) yang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.Ip, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Inspektorat Daerah Kabupaten, Sekretaris DPRD, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas P3AP2KB, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Bagian Organisasi dan Bagian Hukum Setdakab serta Instansi Vertikal.

Pada Paripurna yang dipimpin oleh Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi secara virtual dari Ruang Sidang DPRD Provinsi Lampung, Gubernur Lampung dalam pidatonya mengatakan bahwa Peringatan hari jadi ini merupakan bentuk ungkapan rasa bahagia atas lahirnya Provinsi Lampung pada Tanggal 18 Maret 1964 lalu, sekaligus menjadi momentum untuk melakukan refleksi atas capaian yang telah diraih selama kurun waktu satu tahun terakhir.

 

Gubernur Lampung juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada jajaran Pemerintah Provinsi dan Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung serta seluruh stakeholders yang hadir dalam Rapat Paripurna Istimewa baik daring maupun luring, atas kerjasama yang baik untuk mewujudkan pembangunan di Provinsi Lampung pada Tahun ini. Gubernur Aarinal juga menyampaikan sejumlah hal terkait pilar penyelenggaraan Pembangunan Daerah selama Tahun 2021, diantaranya Pilar Pembangunan Ekonomi dimana kinerja pembangunan Pilar Ekonomi Provinsi Lampung sepanjang Tahun 2021 semakin membaik meskipun Panemi Covid-19 masih terjadi. Ditandai dengan indikator pertumbuhan ekonomi Lampung yang terus menunjukkan tren positif setiap Triwulannya dan hingga akhir 2021 ekonomi Lampung tumbuhu positif sevesar 2,79% dibanding dengnan Tahun 2020 yang tumbuh Negatif 1,67%.

Pada Pilar Pembangunan Hukum dan Pemerintahan, ditunjukkan salah datunya dari Indeks Demokrasi Lampung sebesar 72,79 poin yang lebih baik dari capaian Nasional sebesar 72,56 poin. Hal ini merupakan realisasi dari janji kerja Lampung Merawat Indonesia, APBD Berjaya dan Reformasi Birokrasi. Dalam penyelenggaraannya, Lampung mendapat apresiasi penghargaan Terbaik Pengelolaan APBD Tingkat Nasional, 7 kali berturut-turut memperoleh WTP, Penghargaan terbaik Tim Percepataan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award 2021, Penghargaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award 2021.

 

Kemudian, pada Pilar Pembangunan Lingkungan, selama Tahun 2021 juga menunjukkan capaian yang baik, antara lain Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) sebesar 66,95, menurunnya Indeks Resiko Bencana menjaadi 144,7%, serta penurunan Emisi Gas Rumah Kaca sebesar 6,86%. Hal ini dicapai melalui realisasi janji kerja Mengelola Lingkukngan Hidup untuk Kesejahteraan Rakyat, Lampung sebagai pusat inkubasi tanaman Nusantara. Serta pada Pilar Pembangunan Sosial, ditunjukkan dari capaian indikator Pembangunan Manusia Provinsi Lampung, dimana pada Tahun 2021 adalah sebesar 69,90 yang meningkat dari Tahun 2020 sebsar 69,69. Capaian ini akan terus menerus ditingkatkan hingga diatas 70.

Pengunjung